Kegiatan Musrenbangdes Desa Klapasawit

MAJU BERSAMA KLAPASAWIT

Kegiatan Musrenbangdes Desa Klapasawit

Pemerintah Desa Klapasawit mengadakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang disingkat dengan Musrenbangdes. Adapun Musrenbangdes tersebut adalah Forum rembug desa yang dilakukan untuk membahas potensi dan masalah yang dihadapi desa agar teridentifikasi dengan baik dalam menentukan Perencanaan Pembangunan Desa sesuai dengan skala prioritas, Musrenbangdes ini diharapkan dapat mengatasi masalah dan memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja Pemerintah Desa dalam melaksanakan penganggaran kegiatan desa.

Progres ini diawali dengan musyawarah desa khusus dari masing-masing RT/RW dalam menentukan masalah dan potensi yang ada, dan selanjutnya dibawa pada forum musrenbangdes. Musrenbangdes tersebut dilaksanakan secara partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, unsur wanita, swasta, pemerintah desa/lembaga desa lainnya yang berada di desa tersebut dengan tujuan :

  1. Menentukan dan membahas perencanaan pembangunan yang diberikan oleh partisipasi sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).
  2. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam program kerja di tahun yang akan datang.
  3. Menentukan Tim RKP Desa yang akan memaparkan atau mengidentifikasi masalah dan potensi secara detail sesuai kewenangan daerah yang berada diwilayah desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *